SELAMAT DATANG DI "Generation Habitue Information Activist"

Resensi Ayat - Ayat Cinta








RESENSI

AYAT – AYAT CINTA



 



LELA MARDIAH
IX A
MTsN. TALANG BAKUNG KOTA JAMBI
2011/2012


Judul buku          :Ayat-Ayat Cinta


Pengarang          : Habiburrahman El-Shirazy

Penerbit              : Republika



Terbit                 : Desember 2004


Tebal                  : 419 Halaman



         Buku ini bertujuan untuk media penyaluran dakwah kepada siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang islam. Dengan membaca novel ini kita dapat mengetahui geografi kota Mesir serta sosial budaya Timur Tengah tanpa harus pergi ke sana dan memberikan contoh pada kita tentang sebuah pernikahan yang baik dan sesuai syariat Islam.

         Secara umum buku ini bertujuan untuk memberi contoh kepada remaja agar lebih mengetahui tentang cinta dalam  agama islam .

         Buku ini bercerita tentang perjalanan cinta dua anak manusia yang berbeda latar belakang dan budaya; yang satu adalah mahasiswa Indonesia yang sedang studi Universitas Al-Azhar Mesir, dan yang satunya lagi adalah mahasiswi asal Jerman yang kebetulan juga sedang studi di Mesir. Kisah percintaan ini berawal ketika mereka secara tak sengaja bertemu dalam sebuah perdebatan sengit dalam sebuah metro (sejenis trem).
Pada buku ini walaupun keyakinan dan aqiqah mereka berbeda, tapi antara keluarga Fahri dan Tuan Boutros terjalin hubungan yang sangat baik. Terlebih Fahri dan Maria berteman begitu akarab. Fahri menyebut Maria sebagai gadis koptik yang aneh. Bagaimana tidak, Maria mampu menghafal surat Al-Maidah dan surat Maryam.
Dari buku kita tahu bahwa Fahri selalu “menjaga diri” di tengah wanita -wanita yang dekat dengannya. Hal itu Fahri lakukan karena rasa cintanya pada Yang Maha Kuasa. Fahri berusaha konsisten dengan prinsip, dan ajaran agama yang ia pegang teguh. Cinta Fahri pada agama dan Sang Khalik menuntunnya pada cinta Aisha. Atas izin Allah Fahri dan Aisha bersatu di bawah payung cinta yang tulus mengharapkan ridhaNya.
Keunggulan buku ini  begitu menyentuh dan mengalir seakan pembaca mengalami berbagai problema yang melilit sang tokoh. Penulis mengajak pembaca mendalami Islam dengan bahasanya yang menyejukkan. Kisah-kisah hubungan antar manusia (kisah cinta) digambarkan secara menarik dan utuh tanpa harus terasa vulgar.
Keunggulan cover buku ini ada warna – warni kehidupan . Dan membawa nuansa pada buku tersebut.
Kelemahan buku ini hampir tidak ada , kelemahannya terletak pada kurangnya ilustrasi pada cover tersebut .
Buku ini sangat praktis dan bermanfaat bagi remaja – remaja untuk lebih memahami tentang cinta dalam agama islam .         
Segeralah miliki buku ini, karena buku ini dapat membuat kamu lebih mengenal islam .
                                          

1 komentar:

Ghia_ mengatakan...

Mm oke juga

Posting Komentar